Doa Sholat Dhuha Arab dan Latin Beserta Artinya

Inilah doa sholat dhuha lengkap dengan versi arab dan latin beserta artinya.

Admin
Ilustrasi orang berdoa (Pexels/@gabby-k)doa sholat dhuha

ISLUP – Setelah melalakukan ibadah sholat dianjurkan untuk membacara doa, inilah doa sholat dhuha versi Arab dan Latin.

Sholat dhuha dilakukan mulai pukul 06.30 WIB hingga menjelang waktu dzuhu atau setelah matahari terbit hingga waktu istiwa.

Shalat ini dilakukan minimal dua rakaat salam dan batas maksimal 12 rakaat salam serta surat yang disunnahkan dibaca setelah al-Fatihah adalah as-Syamsu dan ad-Dhuha, atau surat al-Kafirun dan al-Ikhlas.

Doa Sholat Dhuha

Dikutip dari NU Online, inilah beberapa doa setelah sholat dhuha:

Versi Arab

اَللّٰهُمَّ إِنَّ الضَّحَآءَ ضَحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَــالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِي السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ مُعْسَرًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضَحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِيْ مَآ أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Versi Latin

Allâhumma innad dlahâ’a dlahâ’uka, wal bahâ’a bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allâhuma in kâna rizqî fis samâ’i fa anzilhu, wa inkâna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkâna mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kâna harâman fa thahhirhu, wa inkâna ba‘îdan fa qarribhu, bi haqqi dlahâ’ika wa bahâ’ika wa jamâlika wa quwwatika wa qudratika, âtinî mâ atayta ‘ibâdakas shâlihîn.  


Artinya: Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, jika rejekiku berada di atas langit, maka turunkanlah; jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah; jika dipersulit, mudahkanlah; jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah; jika jauh, dekatkanlah; dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah kepadaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang salih.

Tata Cara Sholat Dhuha

  1. Niat sholat dhuha

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatad dhahâ rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ.

  1. Membaca surat Al-Fatihah
  2. Membaca suat pendek pada Al-Qur’an, di sunnahkan membacara surat as-Syamsu di rakaat pertama dan surat ad-Dhuha di rakaan kedua.

Setelah itu melakukan gerakan sholat sebagaimana umunya sampau salam dan membaca doa yang dianjurkan di atas.

Itulah tadi doa sholat dhuha beserta arab dan artinya, semoga bisa konsisten dalam menjalankan ibadah sunnah.

Share This Article
Leave a comment